Kolaborasi Pustakawan Sekolah dan Orang Tua Murid: Upaya Kerjasama untuk Siswa yang Cerdas Berinformasi.

Dipublikasikan oleh APISI pada

KUBIK bulan Agustus dikemas spesial karena bertepatan dengan hari jadi APISI. Diselenggarakan tepat pada perayaan ulang tahun APISI ke-16, pada hari Jumat, 26 Agustus 2022. KUBIK yang mengusung tema ”Kolaborasi Pustakawan Sekolah dan Orang Tua Murid: Upaya Kerjasama untuk Siswa yang Cerdas Berinformasi” ini sekaligus membuka rangkaian acara perayaan ulang tahun APISI yang selanjutnya diisi dengan berbagai lomba yang menarik.

Dalam sambutannya, Pengawas APISI, Bapak Putu Laxman Sanjaya Pendit memberi masukan untuk APISI yang sedang berulang tahun ke-16, yaitu: The fundamental model of MEMBERSHIP is in question: (i). Disruption of members’ business (.. And life!), (ii). Competitive world – association no longer own a monopoly over a profession, (iii). Blurred value proposition, (iv). No strong online infrastructure and process, (v). Difficulty in attracting younger demographic, (vi). Lack of continuity.

Dibuka dengan sambutan dari Presiden dan Pengawas APISI

Pada acara Kubik bulan ini mengambil tema ”Kolaborasi Pustakawan Sekolah dan Orang Tua Murid: Upaya Kerjasama untuk Siswa yang Cerdas Berinformasi.” Kegiatan ini mengundang Pustakawan dari Pak Mohammad Nur untuk berbagi pengalaman tentang Pokja Perpustakaan di SMA Negeri 70 Jakarta, kemudian rangkaian acara lomba Librarian War dan acara selanjutnya diselingi penayangan video peserta School Library Fashion Week. Selamat menikmati kegiatan, tetap fokus dan semangat.

Pemateri memberi pemaparan tentang kolaborasi pustakawan sekolah dan orang tua murid

Mohammad Nur selaku narasumber berbagi dengan peserta berdasarkan pengalamannya di SMAN 70 Jakarta, bagaimana di sekolah tersebut ada kelompok yang diberi nama Pokja (kelompok kerja) Perpustakaan. Pokja ini dibentuk dengan tujuan menjalankan berbagai pekerjaan yang terkait dengan pencapaian tujuan organisasi. Pokja perpustakaan dapat diisi oleh murid dan orang tua murid serta didampingi oleh satu orang pembimbing guna untuk menyempurnakan program kerja serta dalam struktur organisasi. Sebagai keabsahan kelompok ini pun legal secara hukum, mendapatkan SK dari Kepala Sekolah, diketahui oleh komite sekolah, serta dapat menjalankan program di luar jam pelajaran.

Pokja Perpustakaan ini memiliki fungsi untuk menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan, mendukung kegiatan perpustakaan, melaksanakan layanan perpustakaan serta menambah koleksi bahan pustaka secara berkala. Kelompok ini pun memiliki anggaran yang berasal dari komite sekolah, kas Pokja dan stackholder.

Mohammad Nur atau yang akrab disapa Pak Nur yang baru saja mengantarkan SMAN 70 Jakarta menjadi juara 1 Perpustakaan Sekolah terbaik Tingkat Nasional ini juga menyampaikan dalam acara ini, bahwa dengan adanya  Pokja Perpustakaan turut pula menyumbang poin penilaian pada akreditasi dan lomba perpustakaan. Dengan adanya Pokja Perpustakaan ini tentu menjadi praktik baik kolaborasi antara pustakawan sekolah dan orang tua murid, dimana orang tua murid dapat secara aktif berperan terhadap kemajuan perpustakaan sekolah.

Dilanjutkan dengan aneka lomba-lomba

Setelah sesi materi, rangkaian acara dilanjutkan dengan lomba Librarian War dimana para peserta mengisi link lomba yang sudah disiapkan panitia, link tersebut berisi pertanyaan seputar wawasan umum kepustakaan dan materi seputar APISI. Lomba ini cukup banyak mendapat atensi dari para peserta yang sejak awal acara setia mengikuti rangkaian acara. Dalam rentang waktu 30 (tiga puluh) menit lomba Librarian War ini berjalan sembari menunggu hasil lomba, selanjutnya acara diselingi penayangan video peserta School Library Fashion Week.

Penayangan video dari peserta lomba school School Library Fashion Week ini tidak kalah menarik dari acara-acara sebelumnya, video ini menampilkan sisi kreatif para pustakawan sekolah yang sangat beragam dan tentunya memiliki makna masing-masing. Lomba lain yang tidak kalah menarik yaitu lomba membuat poster sesuai tema utama pada HUT APISI kali ini, yaitu: kolaborasi.

Menjelang akhir acara, pengumuman pemenang ketiga lomba pun diumumkan langsung oleh Presiden APISI, kak Hanna Chaterina George. Pada lomba Librarian War, Juara ketiga menangkan oleh Dini Nazhifah dari SDN Percontohan PAM, diikuti Juara kedua oleh Gema Spoyan dari MAN 4 Bogor, dan Juara 1 oleh Siska Septyorini dari SMPK Petra 3 Surabaya.

Pemenang Lomba School Library Fashion Week pada juara 3 yaitu dari akun @parwis.library  atau SMKN 1 Anjatan, selanjutnya Juara 2 diisi oleh akun @labskylibrary atau Labschool Kebayoran, dan Juara 1 dimenangkan oleh akun @auliasmayanti atau Mentari International School. Lomba poster design competition dimenangkan oleh Lasmana Adi N dari Universitas Negeri Yogyakarta pada Juara 3, disusul oleh Selawati dari Pesantren Minhajul Haq pada Juara 2, dan Sri Narwanti dari MAN 2 Yogyakarta pada Juara 1.

Ditutup dengan ucapan terima kasih dan doa

Enam belas tahun sudah APISI mengisi dan mewarnai hari-hari para Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia dengan ilmu terupdate dan wawasan terkini. Terima kasih kepada para anggota dan semua yang telah mempercayakan APISI dalam mengembangkan profesi kepustakawanan, semoga APISI dapat terus aktif bersama para Pekerja Profesional Informasi sekolah Indonesia pada tahun-tahun mendatang.

Inez Kinanthi

Koodinator Divisi Program

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *