BI Corner

PROGRAM BI CORNER DI WILAYAH JABODETABEK
“INDONESIA CERDAS”: Dedikasi Untuk Negeri

Dalam rangka usaha Bank Indonesia (BI) untuk mengupayakan secara terus menerus pemahaman yang benar kepada masyarakat tentang keberadaan dan perannya terhadap perekonomian Indonesia melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi, BI berinisiatif untuk memperkuat edukasi masyarakat di bidang ekonomi melalui penyediaan sarana Pojok Baca atau yang disebut dengan “BI Corner”.

BI Corner dilatar belakangi oleh kesadaran Bank Indonesia bahwa upaya pencapaian visi untuk menjadi lembaga bank sentral yang kredibel bukanlah sesuatu yang mudah. Kebijakan-kebijakan bank sentral yang menitikberatkan pada upaya stabilitas ekonomi seringkali belum dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat. Sebagian masyarakat berpendapat bahwa kebijakan BI kurang menyentuh aspek kehidupan masyarakat rumah tangga secara langsung.

Sementara itu, diluar konteks ‘core business’, BI memiliki Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) yang juga diarahkan untuk lebih fokus pada program-program pemberdayaan ekonomi rumah tangga (household economy). Pemberdayaan ekonomi rumah tangga dapat dilakukan secara langsung atau melalui penciptaan change agent ekonomi rumah tangga. Dengan anggota keluarga yang memiliki tingkat pendidikan dan pengetahuan yang lebih baik diyakini dapat mendorong perbaikan kualitas ekonomi rumah tangga.

Pada tahap awal, BI Corner akan difokuskan pada Perguruan Tinggi dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam bentuk Pojok Baca dan Dongeng PAUD. Pada tahun 2016, BI Corner sudah merambah Sekolah Menengah Atas/Sederajat. Pada tahun 2024, diharapkan dapat terbangun 1.000 BI Corner di semua level pendidikan termasuk PAUD serta perpustakaan daerah maupun sarana publik strategis lainnya. Program ini merupakan bagian dari tema unggulan PSBI yang bertajuk ”Indonesia Cerdas”.

BI Corner bertujuan untuk memberikan akses dan perolehan informasi atau literatur terkini yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, terutama di bidang ekonomi dan keuangan; mengenalkan dan memberi pemahaman kepada masyarakat penerima manfaat BI Corner akan tugas dan peran Bank Indonesia dalam perekonomian Indonesia, serta menciptakan komunitas berliterasi keuangan dan generasi yang gemar membaca. Untuk itu, salah satu komponen BI Corner adalah penyediaan 200 judul buku Bahasa Indonesia dan 50 judu buku Bahasa Inggris. Selain itu, fasilitas yang disediakan untuk BI Corner ini adalah: rak buku, meja komputer dan PC, layar LED, standing lamp, karpet, tanaman hias serta sofa.

Lebih jauh dari penyediaan sarana pojok baca beserta su,ber-sumber bacaannya, penerima manfaat BI Corner akan menyelenggarakan program aktivasi untuk menunjang pencapaian tujuan program, seperti seminar/kuliah umum tentang Bank Indonesia, Perkembangan Ekonomi Terkini dan topik lainnya. Kegiatan lainnya mencakup diskusi atau bedah buku serta kompetisi para siswa seperti speech contest, English debate maupun resensi buku.

Progress Kegiatan:
– Tahun 2015 telah terbangun 106 BI Corner di Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Perpustakaan daerah dari target 100 BI Corner. Sebarannya terdiri dari 25 BI Corner di Jabodetabek dan 81 BI Corner di luar Jabodetabek.
– Tahun 2015 juga telah terbangun 83 Pojok Baca dan Dongeng BI, dengan sebaran sebanyak 49 di Jabodetabek dan 34 di luar Jabodetabek.
– Sepanjang tahun 2016 (s.d. Okt) telah terbangun 112 BI Corner dari target sebanyak 150 BI Corner, serta telah terbangun 50 Pojok Baca&Dongeng BI di luar Jabodetabek.
– Sebanyak 20 BI Corner yang telah terbangun di tahun 2016 ditempatkan di level pendidikan SMA/sederajat

APISI sebagai sebuah organisasi profesional yang mempunyai perhatian yang besar dalam pengembangan kepustakawanan sekolah di Indonesia, menjadi partner BI dalam perwujudan BI Corner di tingkat sekolah. Selain berpartner dalam pembentukan BI Corner pada sekolah-sekolah penerima manfaat, APISI juga berperan dalam memberikan pendampingan kepada penerima manfaat agar mereka dapat mengadakan peningkatan jasa dan layanan melalui sarana dan prasarana perpustakaan sekolahnya serta pengembangan pustakawan sekolahnya secara terus menerus.

(Sumber: Pointers BI Corner, 2016)