KUBIK Oktober 2021: “School library programs then and now, a sharing session”

Dipublikasikan oleh APISI pada

KUBIK Oktober:

School Library Programs Then and Now: a Sharing Session

Pada hari Sabtu, 23 Oktober 2021, APISI menyelenggarakan kembali program rutin bulanan  KUBIK (Kumpul Bicara Ilmu Kekinian) dimana para Pekerja Profesional Informasi Sekolah dapat berkumpul dan bertukar informasi mengenai hal-hal terkini di bidang perpustakaan dan kepustakawanan sekolah.

KUBIK kali ini mengusung tema : School Library Programs Then and Now: a Sharing Session. APISI mengundang beberapa pembicara internasional yaitu Antonija Lujanac (Croatia), Francie Ingram (US), Ramandeep (India) dan turut memeriahkan pembicara dari APISI yaitu Inez Kinanthi (Indonesia). Sesuai dengan topik yang diusung sebagai keikutsertaan APISI dalam merayakan bulan perpustakaan sekolah internasional yang jatuh pada bulan Oktober setiap tahunnya, para pembicara mempromosikan  kegiatan yang bisa diikuti oleh para peserta dan tentunya berbagi tentang program perpustakaan sekolah yang mereka sudah lakukan di negara masing-masing.

Moderator by : Junita Muslimardiani (Kak June)

Segmen “Kotak Suara Pustakawan”

Hal berbeda dari Kubik bulan Oktober ini adalah, di awal sesi setelah moderator membuka acara, yaitu adanya  kegiatan berbagi antara peserta dan pemateri, yang kemudian diberi nama “Kotak Suara Pustakawan”.  Setiap orang yang hadir dapat mengutarakan apapun yang menjadi uneg-uneg nya selama ini dengan melontarkan pertanyaan, berbagi atau pun berkeluh-kesah tentang hal-hal yang menyangkut topik utama yang diusung.

Kak June mengawali  “Kotak Suara Pustakawan” dengan berbagi tentang program perpustakaan di sekolah nya yang masih tetap berjalan selama pandemi.  Diikuti oleh  kak Veny Fitriyanti yang bercerita tentang pengalamannya sebagai pembina perpustakaan sekolah di Aceh Tamiang. Kak Veny menceritakan bagaimana tantangan asam manis dalam membina para pustakawan sekolah di Aceh Tamiang. Peserta kedua yang tidak melewatkan kesempatan ini untuk turut berbagi yaitu Ibu Winda dari Batam, yang merupakan salah satu peserta Kelas Pendek APISI Angkatan ke-5 Tahun 2021. Ibu Winda bercerita bahwa perpustakaan sekolahnya dalam waktu dekat akan menyelenggarakan acara bedah buku yang mana buku tersebut adalah hasil tulisan guru yang berasal dari instansi yang sama. Program ini adalah hasil aplikasi dari apa yang Ibu Winda dapatkan dari Kelas Pendek APISI. Segmen ini kemudian ditutup oleh ibu Nurmawiza dari Aceh Tamiang yang turut bercerita dan berbagi tentang bagaimana perpustakaan sekolahnya tetap berkreasi dan kerap kali melakukan berbagai kegiatan untuk tetap menghidupkan perpustakaan sekolah.

Kegiatan Bulan Perpustakaan Sekolah Internasional

Setelah memanaskan suasana dengan sesi sharing, berikutnya masuklah ke acara inti. Pembicara pertama yang berkesempatan menyampaikan materi nya yaitu Antonija Lujanac yang merupakan pustakawan sekolah dari Osnova Skola Dobrise Cesarica di kota Zagreb, Croatia. Antonija pada kesempatan ini berbagi tentang kegiatan pertukaran video storytelling antar negara yang digagasnya. Dalam materi yang dibawakannya, Antonija menampilkan keseruan situasi ruang kelasnya pada saat siswa-siswi di sekolahnya menyaksikan video cerita rakyat dari Filipina, dan bagaimana siswa-siswi tersebut menyalurkan creative thinking mereka dengan mengambil benang merah dari cerita rakyat tersebut dan mengaplikasikannya ke dalam kehidupan mereka.

Dalam hal ini, mereka mencoba memasak masakan sederhana sepeti halnya yang diceritakan dalam cerita rakyat yang mereka tonton. Di akhir sesi nya, Antonija juga menjelaskan bagaimana peserta dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Pemateri selanjutnya yaitu Inez Kinanthi, menyampaikan tentang salah satu proyek ISLM yang dapat diikuti peserta selama bulan Oktober ini, yaitu virtual connection around the world. Projek yang digagas tim ISLM ini pada tahun sebelumnya dikenal dengan nama Skype Project, namun seiring dengan keadaan dan perkembangan teknologi terutama melesatnya beberapa aplikasi video conference saat ini,  di tahun 2021 Skype Project berganti nama menjadi Virtual Connection Around the World. Sesuai namanya, program ini memungkinkan peserta nya untuk dapat terhubung melalui panggilan video dan kemudian dapat berdiskusi dan bertukar pendapat sesuai topik yang diusung pada tahun berjalan.

Francie Ingram selaku Bookmark Exchange Project Coordinator adalah pemateri ketiga yang memaparkan bukan hanya tentang program pertukaran pembatas buku yang dikoordinatorinya, namun Francie juga berbagi mengenai berbagai program yang telah dia kerjakan untuk perpustakaan sekolahnya baik sebelum pandemi dan selama pandemi. Francie menunjukan secara detil macam-macam program yang digagasnya dan juga membagi resource yang dapat berguna bagi peserta.

Antusiasme Peserta

Bahkan sebelum sesi ini resmi dibuka oleh moderator acara, para peserta terlihat sudah menuliskan berbagai pertanyaan dalam kolom chat dan terlihat juga beberapa peserta sudah mengaktifkan fitur raise hand mereka. Peserta pertama yang diberi kesempatan pertama untuk bertanya oleh moderator adalah, kak Robert dari sekolah Tzu Chi yang juga merupakan Koordinator Divisi Humas APISI. Kak Robert tertarik dengan salah satu program yang dibagi oleh Francie dan bertanya tentang detil teknis pembuatannya. Setelah mendapat tanggapan dari narasumber yang bersangkutan, pertanyaan lain yang sudah memenuhi kolom chat pun satu persatu dibacakan oleh kak June.

Mystery guest

KUBIK kali ini juga berbeda karena untuk pertama kali diadakan di hari Sabtu dimana sebelumnya KUBIK selalu diadakan pada hari kerja. Untuk itu, Panitia menyiapkan mystery guest atau tamu rahasia yang juga merupakan pustakawan. Tidak seperti narasumber dan peserta lain yang membahas segala hal terkait topik KUBIK, tamu rahasia yang akhirnya diungkap tepat setelah sesi tanya jawab ini menampilkan keahlian lainnya selain sebagai pustakawan. Kak Reza Mahdi membawa warna baru dalam acara KUBIK melalui keahliannya dalam bernyanyi dan bermain musik. Tidak kurang dari tiga lagu dibawakan kak Reza sembari bermain piano yang semakin mencerahkan suasana webinar di hari Sabtu itu.

Penutup oleh ISLM Chairperson

Sesuai dengan tujuan acara ini yaitu dalam rangka merayakan bulan perpustakaan sekolah Internasional, maka belum tepat rasanya bila Ketua Tim ISLM atau ISLM Chairperson yaitu Ramandeep dari India belum menyampaikan pemaparan. Maka acara ini pun ditutup oleh pemutaran rekaman sesi Ramandeep yang bertujuan untuk memberi pemahaman lebih dalam kepada peerta tentang apa itu ISLM dan bagaimana pedoman umum untuk dapat berpartisipasi.

Selama dua jam KUBIK ini berjalan dan tidak kurang dari 50 peserta bertahan dari awal hingga akhir acara. Kami segenap panitia berterimakasih kepada para narasumber yang bersedia berbagi pada webinar kali ini ditengah perbedaan waktu yang cukup jauh namun tidak memudarkan semangat mereka untuk berbagi demi kemajuan profesi ini. Juga terimakasih kepada peserta yang telah setia mengikuti acara APISI, semoga membawa manfaat dan sampai bertemu di acara selanjutnya!

-k


2 Komentar

ameblo.jp · pada

Today, while I waas at work,my cousin stole my apple ipad and tested
to see if it cann survive a 30 foot drop, just so she can be a youtube sensation. My iPad is
now broken and she has 83 views. I know this is completely off
topic butt I had to share it with someone!

My site; ????? ???? ??? (ameblo.jp)

instagramfollower.org · pada

Nice weblog right here! Also your website a lot up fast!

What web host are you the use of? Can I am getting your associate link to your host?
I want my web site loaded up as fast as yours lol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.