Mari Merayakan Bulan Perpustakaan Sekolah 2010

Dipublikasikan oleh APISI pada

Bulan Perpustakaan Sekolah merupakan terjemahan dari International School Library Month, yaitu perayaan tingkat dunia untuk mempromosikan pentingnya peran perpustakaan sekolah dalam proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan ini diprakarsai oleh International Association School Librarianship (IASL) sejak tahun 1999. Awalnya IASL mengusung nama International School Library Day yang dirayakan setiap hari senin minggu ke-empat di bulan Oktober. Keinginan berpartisipasi yang makin tinggi dari sekolah-sekolah di seluruh dunia terhadap perayaan International School Library Day menyebabkan IASL harus mempertimbangkan hambatan yang terjadi mengenai penentuan hari perayaan akibat perbedaan agenda sekolah di seluruh dunia. Dengan mengganti waktu perayaan dari hari ke bulan, diharapkan partisipasi sekolah-sekolah di seluruh dunia semakin meningkat karena setiap sekolah bebas menentukan waktu perayaan sepanjang bulan Oktober itu.

Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah Indonesia sebagai organisasi yang menaruh perhatian terhadap pengembangan dunia kepustakawanan sekolah, merasa perlu mensosialisasikan International School Library Month di Indonesia. Sebagai wujud kebanggaan terhadap bahasa Indonesia, APISI menerjemahkan International School Library Month(ISLM) menjadi Bulan Perpustakaan Sekolah (Bupes). Tahun ini perayaan Bulan Perpustakaan Sekolah mengusung tema ”Keragaman Tantangan dan Ketahanan: Ada Semua di Perpustakaan Sekolah”.

APISI mendorong sekolah-sekolah untuk merayakan Bupes dengan kegiatan yang disesuaikan dengan agenda sekolah masing-masing. Dari perayaan ini diharapkan muncul perhatian dari seluruh pihak mengenai pentingnya kehadiran perpustakaan sekolah dalam kegiatan belajar mengajar. Sekolah dapat berbagi mengenai bentuk perayaan Bupes di sekolahnya dengan mengirimkan artikel dan foto kegiatannya ke email kotaksurat@apisi.org dengan subyek “bulan perpustakaan sekolah”. APISI akan menampilkan artikel tersebut di website APISI.

Silakan klik http://www.iasl-online.org/events/islm untuk informasi lebih lanjut menganti kegiatan International School Library Month.