Sinergi Bersama Untuk Perjuangan Literasi ( Seminar Daring APISI Sumatera Utara )

Dipublikasikan oleh APISI pada

02 Desember 2020 APISI Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan Seminar Daring Lewat ZOOM dan sekaligus peringatan Satu Tahun APISI Sumatera Utara. Adapun menjadi topic Seminar yakni “ Kolaborasi APISI Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dan Dinas  Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara dalam pengembangan perpustakaan sekolah di Provinsi Sumatera Utara.

Tentunya kegiatan ini dilakukan berkat kerjasama APISI Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara serta dukungan  dari APISI Pusat. Seminar Daring menjadi solusi alternatif bagaimana upaya meningkatkan minat baca sekaligus efektivitas perpustakaan di tengah Pandemi, seperti kita tahu bahwa dunia Mengalami masa sulit ditengah Pandemi serta kita belum tahu kapan Covid-19 ini akan berakhir tentunya kita berharap meskipun ditengah tantangan ini kita tetap berpacu untuk memberi yang terbaik untuk bangsa Khususnya dalam peningkatan kualitas literasi di Provinsi Sumatera Utara.

Seminar Daring yang dimulai  pukul 10.00 wib diawali dengan pengantar dari MC Trisnawaty Rumahorbo serta memberikan tata tertip acara mulai dari pembukaan sampai penutupan. Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Hanna Chaterina George sebagai Presiden APISI, dalam Sambutanya Ibu Hanna mengapresiasi Kegiatan yang dilakukan oleh APISI Provinsi Sumatera Utara, serta mengharapkan sinergi keberlanjutan antara APISI dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pespustakaan dan Arsip Perpustakaan Sumatera Utara.

Ketua APISI Provinsi Sumatera Utara Ibu Hotlan Siahaan menyampaikan terkait laporan kegiatan serta memaparkan bahwa kegiatan ini mendapat antusias dari para pegiat literasi, akademisi, guru dan masyarakat dengan pendaftar sebanyak 461 Orang dari lintas profesi mulai dari pegiat Literasi, Akademisi, Guru, Pustakawan dan Mayarakat Umum.

Seminar daring pengembangan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara yang dimoderasi Jhon Fawer Siahaan dengan Narasumber Ir. Halen Purba. MM ( Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Propinsi Sumatera Utara) dan Ibu Dra. Rosmawaty Nadeak M.Pd ( Kepada Bidang Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. Bapak Harlen dalam paparan materinya menyampaikan beberapa hal terkait masih minimnya minat baca erat kaitan dengan fasilitas dan sumber daya manusia khususnya provinsi Sumatera Utara, namun dia yakin ditengah kepemimpinnya beliau akan berupaya semaksimal mungkin tapi dalam hal tersebut perlu adanya sinergi antar lembaga.

Lebih lanjut Ibu Rosmawaty Nadeak menyambut dengan baik pernyataan Halen Purba bahwa Dinas Pendidikan  Provinsi Siap untuk itu. Hal itu juga terwujud ketika dalam sesi tanya-jawab, Ketika bapak Ponija dari Binjai bertanya soal pelatihan tenaga perpustakan untuk SLB ( Sekolah Luar Biasa)?, Dalam menanggapinya bapak Hallen Purda dan Ibu Rosmawaty siap untuk melaksanakannya, yang sebelumnya pelatihan untuk SLB belum pernah dilakukan.

Tidak terasa empat jam perjalanan diskusi, namun keterbatasan waktu Seminar harus ditutup. Bicara soal Literasi tentunya butuh waktu yang sangat panjang maka untuk itu kegiatan seperti itu perlu dilakukan lagi papar Ibu Hotlan Siahaan, Untuk perbaikan minat baca baca bangsa ini Khususnya Sumatera Utara.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *