Profil APISI

APISI (Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia) – Mitra Implementasi BI Corner 

APISI (Asosiasi Pekerja Profesional Informasi Sekolah Indonesia) adalah lembaga pengembangan kepustakawanan sekolah yang berfokus pada pengembangan kompetensi, penyebarluasan informasi, dan partisipasi berbagai pihak dalam peningkatan kualitas perpustakaan sekolah di Indonesia. Hal ini sejalan dengan Program BI Corner di perpustakaan sekolah. Program BI Corner merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam peningkatan peran perpustakaan sekolah sebagai sumber informasi dan sumber belajar, khususnya di bidang ekonomi dan keuangan serta menciptakan komunitas berliterasi keuangan dan generasi yang gemar membaca. APISI juga senantiasa dalam mempromosikan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar serta memaksimalkan peran pekerja informasi profesional di sekolah. 

Kemitraan APISI dan Bank Indonesia dalam implementasi program BI Corner dan Pojok Baca dan Dongeng PAUD, menjadi sebuah kekuatan baru dalam upaya bersama menguatkan peran perpustakaan sekolah dan pustakawan sekolah dalam meningkatan kegiatan literasi para siswa dan komunitas sekolah umumnya. Selain itu secara khusus, APISI mendukung gerakan literasi finansial yang diusung oleh Bank Indonesia selain upaya mendekatkan keberadaannya di dalam masyarakat khususnya di lingkungan sekolah.

APISI mempromosikan dan mengkampanyekan program literasi dan literasi informasi sebagai dua program besarnya. Program kegiatannya mencakup Program KubikLive, yaitu bincang kekinian topik – topik seputaran trend dunia kepustakawanan sekolah; ABCLive yaitu kegiatan APISI Baca Cerita, ajang membacakan buku yang dilakukan melalui platform Instagram selama pandemik Covid19;  Scholar Life, kegiatan perayaan literasi yang melibatkan pustakawan sekolah dan pekerja profesional informasi sekolah dan pemerhati kepustakawanan sekolah serta Program Kelas Pendek, yaitu kursus pengembangan profesional pengelola perpustakaan sekolah, khususnya bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang pendidikan ilmu perpustakaan. Sejak berdirinya di tahun 2006, APISI telah mendapat dukungan dari berbagai pihak yang mendukung pergerakan APISI dalam memajukan dunia kepustakawan. Pada tahun 2008, International Federation of Library Association (IFLA) pernah mendukung APISI untuk mengadakan pelatihan tingkat nasional tentang literasi informasi. Tahun 2015, IFLA kembali mendukung APISI untuk menyelenggarkan kegiatan nasional yang melibatkan beberapa asosiasi profesi perpustakaan dan pustakawan serta pekerja informasi Indonesia dalam rangka penguatan organisasi profesi tersebut. Lebih jauh, APISI pernah memenuhi undangan sebagai pelatih pengembangan profesi pustakawan sekolah di Kazakshtan tahun 2017. APISI secara aktif  berpartisipasi memberi kontribusi dalam acara – acara pengembangan profesionalisme yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan di Indonesia seperti Yayasan Sekolah Katolik, Jabodetabek, Yayasan Penabur, Goethe Institut serta Perpustakaan Nasional maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. APISI juga berperan aktif dalam kegiatan pengembangan profesionalisme kepustakawanan dalam tingkat regional maupun internasional di berbagai negara seperti Thailand, Myanmar, Singapure, Malaysia, Filipina, Belanda dan Amerika Serikat. Tahun 2021, APISI menyelenggarakan serangkaian kegiatannya seperti Kelas Pendek Angkatan V secara Daring dan School Library and Literacy Festival (Scholar Life) 2021.11.4